► Himbauan untuk seluruh masyarakat agar berhati hati dan Waspada terhadap segala macam bentuk Penipuan mengenai Penetapan Formasi CPNS 2018 yang mengatasnamakan Bkpsdm Muba khususnya. Jika memang benar ada berita atau pengumuman mengenai Penerimaan CPNS Umum / Khusus Tenaga Honorer pasti akan kami Infokan Secara Resmi melalui Website atau Medsos Bkpsdm. Mari bijaklah dalam menggunakan Sosial Media dan Say No to HOAX.

Tugas Pokok dan Fungsi

URAIAN TUGAS DAN FUNGSI

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SDM

KABUPATEN MUSI BANYUASIN

 

Berdasarkan Peraturan Bupati Musi Banyuasin Nomor 84 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Banyuasin, mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

Kepala Badan

Kepala Badan mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan perumusan kebijakan di bidang kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia meliputi Pengadaan, pemberhentian, informasi, mutasi, promosi, pengembangan kopentensi Aparatur, penilaian kinerja aparatur dan penghargaan.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Kepala Badan mempunyai fungsi :

a.

pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan;

b.

penyusunan rumusan dan penjabaran teknis serta pelaksanaan operasional kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan;

c.

perencanaan meliputi segala urusan dan kegiatan untuk merencanakan, mempersiapkan, mengelola, menelaah serta menyusun kebijakan teknis dan program di bidang kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan;

d.

pengkoordinasian yang meliputi segala usaha dan kegiatan guna mewujudkan program yang berhubungan dengan peningkatan tugas di bidang kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan;

e.

penyusunan yang meliputi segala usaha dari kegiatan untuk melaksanakan pengawasan teknis atas pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undang yang berlaku;

f.

pembinaan, pengkordinasian, dan eva1uasi terhadap pelaksanaan kegiatan, pendidikan dan pelatihan serta kursus-kursus lainya; dan

g.

pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

 

Sekretariat

Sekretariat Badan mempunyai tugas memberikan pelayanan administratif kepada semua unit kerja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan melaksanakan urusan koordinasi penatausahaan, Perencanaan, evaluasi, pelaporan, keuangan, aset, Umum, Kepegawaian, hubungan masyarakat, dan surat menyurat.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Sekretariat mempunyai fungsi :

a.

perencanaan dan program kerja Sekretariat;

b.

pengembangan, pembinaan sumber daya manusia aparatur pemerintah dan pelayanan administrasi, sarana prasarana di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten;

c.

perencanaan program dan perumusan kebijakan teknis di lingkungan Badan Kepegawaiandan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten;

d.

pengaturan dan mengelola masalah kepegawaian, keuangan, rumah tangga dan perlengkapan di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten;

e.

penyelenggaraan hubungan hubungan dengan lembaga kehumasan dan keprotokolan, serta kemasyarakatan dan pemerintah;

f.

pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugasnya;

g.

pemberian. saran-saran dan pertimbanganpertimbangan kepada Kepala Badan tentang langkah-langkah yang perlu diambildalam bidang tugasnya;

h.

penyusunan laporan Sekretariat; dan

i.

pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

Sekretariat, terdiri dari : 

1).

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :

 

a.

menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

 

b.

membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf yang dibawahinya;

 

c.

membimbing bawahan, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

d.

menyusun konsep naskah dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya yang akan diajukan ke Sekretaris;

 

e.

menyusun rekapitulasi programkeIja dan kegiatan di sub bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan;

 

f.

mengumpulkan bahan, menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan;

 

g.

mengumpulkan bahan, mensistematisasikan dan menghimpun mengolah data dan serta menganalisa data dan informasiyang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sebagai kerangka acuan dan pedoman penyusunan rencana kegiatan;

 

h.

menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;

 

i.

menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk penyusunan program;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris sebagai bahan masukan penentuan kebijakan lebih lanjut;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier ;

 

l.

membuat laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sebagai bahan pertanggungjawaban; dan

 

m.

melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

 

2).

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas :

 

a.

menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Aset berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

 

b.

membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Staf yang dibawahinya;

 

c.

mengontrol, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

d.

menyusun konsep naskah dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya yang akan diajukan ke Sekretaris;

 

e.

menyusun rekapitulasi program kerja dan kegiatan di Sub Bagian Keuangan dan Aset;

 

f.

mengumpulkan bahan, menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Sub Bagian Keuangan dan Aset;

 

g.

mengumpulkan bahan, menghimpun dan mensistematisasikan dan mengolah data serta menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan dan Aset sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;

 

h.

menginventarlsir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan dan Aset serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;

 

i.

menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk penyusunan program;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris sebagai bahan masukan untuk penentuan kebijakan lebih Ianjut;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

l.

membuat laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan dan Aset sebagai bahan pertanggunmawaban;dan

 

m.

melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

3).

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

 

a.

menyusun rencana program kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

 

b.

membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf yang dibawahinya;

 

c.

membimbing, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

d.

menyusun konsep naskah dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya yang akan diajukan ke Sekretaris;

 

e.

menyusun rekapitulasi program kerja dan kegiatan di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

 

f.

menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas;

 

g.

mengumpulkan, menghimpun, mensistematisasikan dan mengolah data serta menganalisa data dan informasiyang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;

 

h.

menginventarisirpermasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub BagianUmum dan Kepegawaian serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;

 

i.

membimbing dan mendistribusikan surat masuk dan keluar sesuai dengan kepentingan dan permasalahannya;

 

j.

meneliti usul kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai dan pengusulan data kebutuhan pegawai lainnya di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten;

 

k.

meneliti usulan permintaan formasi pegawai lingkup Badan, dan menyiapkan konsep petunjuk penyusunan formasi pegawai sebagai perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan Badan;

 

l.

mengerjakan urusan rumah tangga, menata keindahan dan kebersihan kantor, serta keamanan lingkungan kantor;

 

m.

melakukan pengelolaan perpustakaan, kearsipan dinas dan melakukan pendokumentasian kegiatan Badan;

 

n.

melakukan tugas di bidang organisasi dan tatalaksana, protokol serta hubungan masyarakat;

 

o.

membuat laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan data berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan;

 

p.

menilai prestasi keIja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

q.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya; dan

 

r.

melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

 

Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi

Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkaitan dengan Pengadaan, Pemberhentian, data, informasi, dan fasilitas profesi Aparatur Sipil Negara.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi mempunyai fungsi :

a.

perumusan kebijakan Pengadaan, Pemberhentian dan informasi;

b.

penyusunan rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;

c.

penyelenggaraanpengadaan PNSdan PPPK;

d.

perumusan pelaksanaan administrasi pemberhentian;

e.

pemverifikasian dokumen administrasi pemberhentian;

f.

pemverifikasian database informasi kepegawaian;

g.

perumusan penyusunan informasi kepegawaian;

h.

Fasilitasi lembaga profesi ASN;

i.

pengevaluasi dan pelaporan kegiatan pengadaan, pemberhentian dan pengelolaaninformasi;dan

j.

pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Pegadaan, Pemberhentian dan Informasi terdiri dari : 

1).

Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian mempunyai tugas:

 

a.

menyusun. perencanaan program dan petunjuk teknis pengadaan dan pemberhentian;

 

b.

menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;

 

c.

melaksanakan pengadaan PNS dan PPPK;

 

d.

menyusun konsep pelaporan pelaksanaan pengadaan;

 

e.

memverifikasi dokumen administrasi pemberhentian;

 

f.

melaksanakan proses pemberhentian PNS dan PPPK;

 

g.

memeriksa hasil pelaporan pengadaan dan pemberhentian;

 

h.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

i.

membimbing, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

j.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

k.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

l.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

m.

mengoreksi prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

n.

menyusun pelaporan kegiatan pengadaan dan pemberhentian; dan

 

o.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

2).

Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis pengembangan sistem data dan informasi kepegawaian;

 

b.

merancang penyusunan informasi kepegawaian;

 

c.

mengelola sistem informasi kepegawaian;

 

d.

mengkoordinasikan penyusunan data kepegawaian;

 

e.

mengelola database kepegawaian;

 

f.

mengevaluasi hasil sistem data dan informasi kepegawaian;

 

g.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

h.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

i.

menyusun konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

j.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

k.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

l.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

m.

menyusun pelaporan kegiatan data dan informasi kepegawaian;dan

 

n.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

  

3).

Sub Bidang Fasilitasi Profesi Aparatur Sipil Negara, mempunyai tugas :

 

a.

menyusun rencana program kerja dan kegiatan fasilitasi kelembagaan profesi ASN untuk diusulkan ke Kepala Bidang;

 

b.

merancang kegiatan fasilitasi kelembagaan profesi ASN (KORPRI dan lembaga profesi ASN lainnya);

 

c.

mengelola administrasi umum, kepegawaian dan kegiatan keorganisasian untuk mendukung tugas dan fungsi lembaga profesi ASN;

 

d.

memfasilitasi kegiatan dan upacara - upacara hari besar kelembagaan profesi ASN;

 

e.

menyusun tata hubungan kerja di setiap jenjang kepengurusan;

 

f.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

g.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

h.

mengajukan konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

i.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

l.

menyusun pelaporan kegiatan Fasilitasi Profesi ASN; dan

 

m.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Mutasi dan Promosi

Bidang Mutasi dan Promosi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkaitan dengan mutasi, pengangkatan, pengembangan karir dan promosi.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Bidang Mutasi dan Promosi mempunyai fungsi :

a.

perumusan kebijakan mutasi dan promosi;

b.

penyelenggaraanproses mutasi dan promosi;

c.

pelaksanaan mutasi dan promosi;

d.

pelaksanaan verifikasidokumen mutasi dan promosi;

e.

pengevaluasi dan pelaporan pelaksanaan mutasi dan promosi; dan

f.

pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

Bidang Mutasi dan Promosi terdiri dari :

1).

Sub Bidang Mutasi mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis pelaksanaan mutasi;

 

b.

memverifikasidokumen mutasi;

 

c.

melaksanakan administrasi penempatan dari dan dalam jabatan pegawai berdasarkan klasifikasi jabatan;

 

d.

membuat daftar penjagaan pensiun;

 

e.

memverifikasi dokumen usulan pensiun;

 

f.

mengevaluasi dan pelaporan kegiatan mutasi;

 

g.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

h.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

i.

meneliti foto kopi naskah dinas yang akan dilegalisir;

 

j.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

k.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

l.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

m.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier; dan

 

n.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

2).

Sub Bidang Kepangkatan mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis pengadaan dan pemberhentian;

 

b.

membuat daftar penjagaan kenaikan pangkat dan Penambahan Masa Kerja;

 

c.

memverifikasi berkas usul kenaikan pangkat dan Penambahan Masa Kerja;

 

d.

mengusulkan berkas kenaikan pangkat dan Penambahan Masa Kerja;

 

e.

memverifikasi draft keputusan kenaikan pangkat dan Penambahan Masa Kerja;

 

f.

memproses kenaikan gaji berkala;

 

g.

mengevaluasi dan Pelaporan hasil kegiatan kepangkatan;

 

h.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

i.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

j.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

k.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

l.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

m.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

n.

menyusun pelaporan kegiatan pengadaan dan pemberhentian; dan

 

o.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

3).

Sub Bidang Pengembangan Karier dan Promosi mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis pedoman pola pengembangan karier;

 

b.

menyusun daftar urutan kepangkatan;

 

c.

memverifikasi berkas usulan promosi;

 

d.

menyusun pengembangan karier dan promosi;

 

e.

mengevaluasi dan pelaporan pengembangan karir dan promosi;

 

f.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

g.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

h.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

i.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

l.

menyusun pelaporan kegiatan pengadaan dan pemberhentian; dan

 

m.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur

Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkaitan dengan diklat penjenjangan, sertifikasi, diklat teknis fungsional dan pengembangan kompetensi.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Bidang Pengembangan Aparatur mempunyai fungsi :

a.

perumusan kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur;

b.

penyelenggaraan pengembangan kompetensi;

c.

pelaksanaan koordinasi dan kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;

d.

pelaksanaan rencana kebutuhan diklat penjenjangan dan sertifikasi;

e.

penyiapan fasilitas pe1aksanaan diklat teknis fungsional;

f.

pengevaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kompetensi;

g.

pelaksanaan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur terdiri dari :

 

1).

Sub Bidang Diklat Penjenjangan dan Sertifikasi mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis Diklat Penjenjangan dan Sertifikasi;

 

b.

menyusun daftar kebutuhan diklat penjenjangan;

 

c.

menginventaris data calon peserta diklat penjenjangan;

 

d.

mengusulkan peserta diklat penjenjangan;

 

e.

mengusulkan peserta sertifikasi sesuai bidang keahlian;

 

f.

merencanakan kegiatan pelaksanaan diklat dan kerjasama;

 

g.

memproses usulan peningkatan kualifikasi pendidikan:

 

 

-

memproses pengiriman PNS Tugas Belajar;

 

 

-

memproses pemberian Izin belajar;

 

 

-

memproses Ujian penyesuaian ijazah

 

 

-

memproses ujian Dinas Tingkat I dan Tingkat II;

 

 

-

memproses seleksi Diklat Kepemimpinan;

 

h.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

i.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

j.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

k.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

l.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

m.

menilai prestasi ketja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

n.

menyusun pelaporan kegiatan Diklat Petjenjangan dan Sertifikasi; dan

 

o.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

2).

Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis diklat teknis fungsional;

 

b.

menyusun daftar kebutuhan diklat teknis fungsional;

 

c.

menginventaris data calon peserta diklat teknis fungsional;

 

d.

mengusulkan peserta diklat teknis fungsional;

 

e.

merencanakan kegiatan dan kerjasama pelaksanaan diklat;

 

f.

mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan diklat;

 

g.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

h.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

i.

mengajukan konsep naskah kepada Kepala Bidang;

 

j.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

k.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

l.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

m.

menyusun pelaporan kegiatan diklat teknis fungsional; dan

 

n.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

3).

Sub Bidang Pengembangan Kompetensi mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis Pengembangan Kompetensi;

 

b.

melaksanakan fasilitasi kegiatan pengembangan kompetensi;

 

c.

memfasilitasi penerimaan Calon Taruna STTD;

 

d.

memfasilitasi penerimaan Calon Praja IPDN;

 

e.

memverifikasi berkas usulan kompetensi teknis, manajerial dan sosial;

 

f.

membuat konsep pelaksanan seleksi jabatan;

 

g.

menganalisis metode yang akan digunakan dalam pengembangan kompetensi aparatur;

 

h.

melaporkan hasil kegiatan pengembangan kompetensi;

 

i.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

j.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

k.

mengajukan konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

l.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

m.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

n.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

o.

menyusun pelaporan kegiatan Pengembangan Kompetensi; dan

 

p.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan

Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkaitan dengan penilaian, evaluasi kinerja aparatur I dan aparatur II, Disiplin dan penghargaan.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan mempunyai fungsi :

a.

penyusunan perumusan kebijakan penilaian dan evaluasi kinerja, penerapan disiplin dan pemberian penghargaan terhadap aparatur;

b.

penyusunan rencanakan pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja dan penghargaan;

c.

pelaksanaan koordinir kegiatan penilaian kinerja;

d.

pengevaluasi hasil penilaian kinerja;

e.

pelaksanaan verifikasi usulan pemberian penghargaan;

f.

pengevaluasi dan pelaporan kegiatan penilaian dan evaluasi kinerja, penerapan disiplin dan pemberian penghargaan terhadap aparatur; dan

g.

pelaksanaan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan terdiri dari :

 

1).

Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur I mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur I;

 

b.

merencanakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi kinerja aparatur;

 

c.

membuat informasi terkait indikator penilaian kinerja aparatur;

 

d.

menganalisis hasil penilaian kinerja aparatur;

 

e.

mengevaluasi dan pelaporan hasil penilaian kinerja aparatur;

 

f.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

g.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

h.

mengajukan konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

i.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambiI dalam bidang tugasnya;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

l.

menyusun pelaporan kegiatan Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur I; dan

 

m.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

2).

Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur II mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur II;

 

b.

merencanakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi kinerja aparatur;

 

c.

membuat informasi terkait indikator penilaian kinerja aparatur;

 

d.

menganalisis hasil penilaian kinerja aparatur;

 

e.

mengevaluasi dan pelaporan hasil penilaian kinerja aparatur;

 

f.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

g.

memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

h.

mengajukan konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

i.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

j.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

k.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

l.

menyusun pelaporan kegiatan Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur II; dan

 

m.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

3).

Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan mempunyai tugas :

 

a.

menyusun perencanaan program dan petunjuk teknis Disiplin dan Penghargaan aparatur;

 

b.

merencanakan dan melaksanakan pembinaan aparatur;

 

c.

melaksanakan pengusulan Kartu Pegawai, Kartu Istri dan kartu Suami;

 

d.

mengelola pelaksanaan Pelaporan LHKPN Aparatur dan pejabat Negara;

 

e.

memverifikasi tingkat kehadiran aparatur;

 

f.

mengkaji penjatuhan hukuman disiplin aparatur;

 

g.

menyusun dan memproses usulan pemberian penghargaan;

 

h.

mengelolah perizinan Aparatur seperti Izin Cuti, izin perkawinan, izin perceraian, izin menjadi Kepala Desa, izin menjadi Sekretaris Desa, izin menjadi anggota PPK, PPS dan KPP, serta izin aparatur lainnya;

 

i.

mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan;

 

j.

merencanakan dan melaksanakan pembinaan aparatur;

 

k.

memverifikasi tingkat kehadiran aparatur;

 

l.

mengkaji penjatuhan hukuman disiplin aparatur;

 

m.

menyusun dan memproses usulan pemberian penghargaan;

 

n.

mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan;

 

o.

membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

p.

membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya;

 

q.

mengajukan konsep naskah dinas kepada Kepala Bidang;

 

r.

memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya;

 

s.

memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Kepala Bidang tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;

 

t.

menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan peningkatan karier;

 

u.

menyusun pelaporan kegiatan disiplin dan penghargaan; dan

 

v.

melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

 

 

 

 

    Agenda
    • POLLING
    • Menurut anda apakah fitur website ini sudah sesuai dengan permintaan
    • Sudah
    • Cukup
    • Kurang
    • Hasil
    STATISTIK VISITOR
      Hari ini:54
      Kemarin:41
      Bulan ini:614
      Tahun ini:5131
      Total:23928
      Online:1
    Video Terbaru
    • WeAreBKPSDM

    Hak Cipta © 2017 Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Musi Banyuasih
    powered by Sub Bidang Data Kepegawaian